Laman

Jumat, 03 Februari 2012

Tips buat perjalanan JAUH ala GW


Buat yg suka pergi2an ato bahasa kerennya mah travelling gt, perjalanan menuju kota tujuan juga penting loh , gak cuma di kota tujuannya aja yg perlu diperhatiin. Gw akan berbagi sedikit tips dr pengalaman gw yg pernah melalukan perjalanan jauh dari jkt menuju jogjakarta buat HEDON.. what? Sumpah ya kayak gt aja dibilang jauh, udah berasa dr Indo ke Alaska aja.. Ckck.. harap maklum ya sodara2, tempat terjauh yg pernah gw datengin emang cuma Jogjakarta.. huhu.. ngenes.. Kenapa gw sebutnya ala GW, kan td udah disebutin kalo ini berdasarkan pengalaman pribadi gw, jd ya suka2 gw mo nulis apa, *loh? malah ngajak ribut*.

OK deh, langsung aja.. cekidot..   
  1. Kalo lu perginya banyakan sama temen2 lu min ber-3(diutamain ada cowoknya) dan gak ada yg bisa jd supir, lu bisa milih kereta ekonomi (what?? Gak ada pilihan lain ya?) buat jd alternatif pilihan. Kenapa? Karena setau gw naek kereta ekonomi itu lebih murah, jd lu bs ngehemat di perjalanan, dan seneng2 di kota tujuan. Tp itu juga kalo dua syarat di atas dipenuhi.
  2.  Kalo lu mutusin buat naek kereta ekonomi, usahain lu bs dapet tiket duduk apalagi kalo perjalanannya jauh banget, kayak dr jkt ke jogja. Kenapa? Jelas lah lu gak bakal mau kan perjalanan jauh lu berdiri terus, apalagi di kereta ekonomi tuh sumpek banyak pedagang hilir mudik.
  3. lebih baik melakukan perjalanan pada malam hari dan sampai ke kota tujuan pagi hari. Kenapa? Biar lu gak buang2 waktu, dan bisa lsg jalan2 di kota tujuan. Lu cuma perlu istirahat bentar, bebersih, makan, terus lsg cabut deh. Kalo misalnya lu nyampenya malem, lu cek-in dihitung sehari cuma buat tdr aja, kan sayang bgt tuh.     
  4. Kalo lu mutusin buat pergi malem2, lu harus perisiapin kondisi lu dr siang hr dgn istirahat yg cukup. Kenapa? Biar selama perjalan lu bisa ganti2an sama temen2 lu buat tdr. Jangan sampe semuanya tidur, rawan bgt, karena kalian naiknya ekonomi, bisa2 pas bangun brg raib smua. Kan siangnya udah istirahat, jd mlmnya udah gak kelalu ngantuk donk.  
  5. Gw saranin sebaiknya lu bawa kipas dan buku TTS. Kenapa? Gak usah ditanya, yg namanya naek ekonomi panas bgt, sumpek, perlu kipas buat ngademin dikit. Kalo buku TTS buat ngisi waktu aja, sambil giliran jaga, lu kan bs maen TTS sama tmn2 lu, bisa bikin melek karena pasti heboh, jd gak ketiduran deh (pengalaman bgt).
  6. Taruh HP, dompet, dan makanan di tas yg berbeda dgn pakaian dll. Kenapa? Supaya tas yg isinya barang2 penting bs dipegang sama lu, dan tas yg isinya pakean lu taro di atas. Kalo tasnya dipegang sama lu kan relatif lebih aman.  
  7. Taruh uang jgn cuma di satu tempat, pisah2in di bagian2 tas dan kantong celana. Kenapa? Buat meminimalisir kalo ada yg gerayangin ato bahkan jambret tas lu. Kalo ilang di satu tempat kan masih ada di tempat yg lain, jumlah ilangnya jg gak kelalu gede.  Oia, asal jgn lupa ya nyimpen uangnya di mana aja.
  8. Sebaiknya jangan taro kartu2 penting (KTP, ATM) di dompet. Kenapa? Yg namanya copet itu bakal nyari dompet kan saat ngegerayangin tas lu, ato bahkan kantong celana lu. Kalo tuh copet berhasil dapetin dompet lu, kartu2 penting ikutan ilang deh. Gak mau kan kalo lg jalan2 keilangan KTP ato ATM.
  9. Hindari memainkan HP saat ada di kendaraan. Kenapa? Karena itu jelas2 mancing copet buat nyari2 kesempatan ngambil hp lu.  Kalo emang bosen pengen dengerin lagu, lu bs bawa MP3 player, gak usah ngeluarin HP.

Sekian tips2 ala gw.. Smoga bermanfaat..

4 komentar:

  1. << belum pernah naik kereta
    kalo maen TTS di kereta apa ga pusing? -_-

    BalasHapus
  2. Hah? Masa? 1 kali pun gak pernah?
    Naek kreta enaknya gak kena macet..
    Pengalaman aku sih waktu itu gak pusing, kan ngisinya keroyokan.. :D

    BalasHapus
  3. Kadang bus jauh lebih murah daripada kereta ekonomi lho, apalagi kalo perjalanannya di bawah 6 jam, layak dicoba tuh, cuma 30 ribuan dan relatif lebih aman daripada kereta yg kadang banyak jambret dan copet

    BalasHapus
  4. jarang naek bis,, ke crbn aja naek kereta,, hehe,, :p
    tp tergantung kondisi juga sih..

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Ada kesalahan di dalam gadget ini